Urus Paspor Kolektif Imigrasi Maumere Laksanakan Layanan Eazy Passport

Ende – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan kegiatan pelayanan Eazy Passport pada Komunitas Warga Negara Indonesia keturunan Tionghoa bertempat di Hotel Mentari Jalan Pahlawan Kabupaten Ende pada Rabu sampai Kamis (13-14 Juli 2022). Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Marselinus Ma bersama Kasubsi Lalinkim serta seorang staf dan seorang PPNPN

Pelayanan ini merupakan bentuk pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi dengan membawa serta perangkat mobile paspor. Masyarakat yang ingin mengajukan paspor secara kolektif atau secara berkelompok dapat mengajukan permohonan layanan Eazy Passport.

“Jadi konsepnya adalah semacam pelayanan jemput bola yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta mendekatkan diri kepada masyarakat”, jelas marsel.

Pelayanan paspor jemput bola tsb merupakan produk unggulan imigrasi terutama bagi pemohon yang termasuk golongan rentan seperti lanjut usia, ibu hamil/ menyusui, dan penyandang difable jelas Marsel. Kita memberikan kesempatan kepada Perkantoran Pemerintah/ TNI / POLRI / BUMN / BUMD / Swasta, Institusi Pendidikan (sekolah/pesantren/asrama), Komunitas/organisasi dan kompleks perumahan/apartemen untuk mendapatkan pelayanan imigrasi di tempat mereka.

Untuk mendapatkan layanan Eazy Passport dari Kantor Imigrasi Maumere caranya cukup mudah. Terlebih dahulu penanggung jawabnya mendata siapa saja anggotanya yang bersedia untuk proses paspor secara kolektif. Sebagai catatan layanan ini hanya dapat melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena halaman penuh dan habis masa berlaku. Untuk permohonan penggantian paspor dengan alasan hilang, rusak, atau perubahan data belum dapat diproses dalam layanan ini karena pemohon harus datang langsung ke Kantor lmigrasi.

Jika paspor sudah jadi dalam 3 hari kerja setelah dilakukan pembayaran paspor, salah satu perwakilan komunitas/instansi dapat mengambil paspor di Kantor Imigrasi Maumere dengan membawa surat kuasa atau surat perintah dari pimpinan komunitas/instansi. Alternatif lainnya paspor juga dapat dikirim melalui PT Pos dengan tambahan biaya pengiriman paspor sesuai tarif yang berlaku pada PT Pos tambah Marsel.

Salah satu pemohon Hengky Wijaya mengungkapkan rasa puas dan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere yang telah melayani langsung pemberian paspor di tempat pemohon karena selain menghemat tenaga, waktu dan juga biaya. Pelayanan pada hari pertama tanggal 13 Juli 2022 berjumlah 22 orang, hari kedua tanggal 14 Juli 2022 berjumlah 14 orang. Total permohonan berjumlah 36 orang. Dalam pelaksanaannya baik Petugas maupun pemohon tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.