Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Gelar Rapat Koordinasi Tim PORA di Lembata

Lembata – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, menggelar rapat koordinasi Tim Pora tingkat Kabupaten di wilayah kerja Kabupaten Lembata, pada Hari Rabu (29/6), bertempat di Aula Olympic Hotel Lembata. Koordinasi Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kabupaten Lembata, diawali dengan sambutan oleh Kepala Bidang Penindakan dan Intelijen Keimigrasian Christian Penna, kemudian dilanjutkan pembacaan laporan kegiatan Tim Pora, oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Hendy Kurnia Darmawan, serta dilanjutkan pemaparan materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab para anggota Tim Pora.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tersebut diikuti oleh berbagai instansi terkait seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lembata, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lembata, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lembata, Satuan Polisi Pamong Praja Lembata, Kantor Kementerian Agama Lembata, Kodim 1624 Flores Timur-Lembata, Polres Lembata, Kejaksaan Negeri Lembata, Pos TNI Angkatan Laut Lembata, serta Instansi terkait lainnya.

“Terkait keberadaan orang asing di NTT yang melakukan pelanggaran keimigrasian, baik itu berupa habisnya masa berlaku izin tinggal keimigrasian, maupun tidak adanya dokumen resmi keimigrasian saat memasuki wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kami dari Imigrasi telah melakukan tindakan administratif keimigrasian, berupa denda serta proses pendeportasian”, jelas Christian.

“Tim PORA dapat menjadi wadah komunikasi antar aparat pemerintah, untuk menyatukan persepsi antar instansi, sebagai upaya bersama dalam rangka pengawasan orang asing,” pungkasnya.

Tujuan pembentukan Tim Pora yaitu melaksanakan penguatan koordinasi, Keterpaduan, penyelarasan tugas dan fungsi, serta pertukaran informasi terkait perkembangan pengawasan orang asing, khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere. Melalui Rapat Koordinasi Tim Pora ini, diharapkan dapat diperoleh hasil optimal, mengingat keberadaan orang asing dapat memberi manfaat bagi kemajuan daerah, khususnya peningkatan ekonomi masyarakat, tetapi tetap harus diwaspadai agar tidak memicu kerawanan sosial, maupun gangguan ketertiban umum.

Pemerintah Kabupaten Lembata juga mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan Rapat Koordinasi Tim PORA tersebut, karena dapat membangun sinergi antar instansi yang baik, serta memberikan dampak yang sangat besar bagi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Lembata dalam hal pengawasan orang asing.

Pelaksanaan kegiatan Tim Pora tersebut berlangsung tertib dan lancar, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere.