Imigrasi Maumere Melakukan Pemindahan Satu Orang Warga Filipina ke Rudenim Kupang

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melakukan kegiatan pengawalan dalam rangka pemindahan Deteni Warga Negara (WN) Filipina ke Rumah Detensi Imigrasi Kupang pada Jumat (17/6/2022). WN Filipina tersebut dikenakan Pasal 75 ayat (1) dan (2) Undang-Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dikarenakan tidak menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dikenakan tindakan administratif Keimigrasian berupa pendeportasian ke negara asal.

Sebelumnya telah dilaksanakan pengamanan atas dasar tindak lanjut laporan dari stakeholder Anggota TIMPORA kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere. WN Filipina tersebut masuk ke wilayah Indonesia melalui jalur tidak resmi di Nunukan Kalimantan Timur dan telah tinggal di Lembata tanpa dokumen Keimigrasian sejak Tahun 2019, bersama anak dan suaminya yang berkewarganegaraan Indonesia.

Adapun pemindahan dilakukan dengan menggunakan pesawat NAM Air IN660 dari Bandar Udara Frans Seda Maumere menuju Bandara El Tari Kupang. Kegiatan pemindahan tersebut dikawal oleh Analis Keimigrasian Pertama Seksi Inteldakim, Tri Sulistiono, beserta satu orang pegawai lainnya.

Setelah tiba di Kupang, petugas langsung membawa deteni tersebut ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang. Proses pemindahan dan serahterima WN Filipina tersebut diterima langsung pihak Rudenim di Kupang, untuk kemudian akan dilakukan pendeportasian.