Imigrasi Maumere Laksanakan Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Flores Timur

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan kegiatan pengawasan orang asing rutin di wilayah Kabupaten Flores Timur, pada Hari Selasa (12/04). Pengawasan rutin terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing yang sebagian besar didominasi oleh biarawan dan biarawati asing tersebut, tersebar di beberapa biara di Kabupaten Flores Timur. Selain itu Tim Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere juga melakukan sidak dibeberapa tempat penginapan disekitar wilayah Larantuka.

Tim juga mengingatkan kepada pengurus penginapan atau hotel untuk tetap melakukan kewajibannya melaporkan orang asing yang menginap melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing(APOA). Selain itu terdapat pula orang asing subyek dari perkawinan campuran yang diawasi, dengan sponsor istri Warga Negara Indonesia dan tinggal di Larantuka.

Dari hasil pengawasan rutin Imigrasi Maumere, tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian, seluruh orang asing yang diawasi memiliki dokumen keimigrasian lengkap dan resmi. Selain itu Tim Pengawasan juga menyampaikan informasi kepada stakeholder di Larantuka terkait dengan kebijakan kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi Covid19.

Tim Pengawasan Juga turut menghimbau kepada seluruh orang asing dan sponsor untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan selalu mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.