Pengukuhan TIM PORA Tingkat Kecamatan dan Rapat Koordinasi TIM PORA Kabupaten Nagekeo, Kantor Imigrasi Maumere Perkuat Sinergitas dalam Pengawasan Orang Asing

Nagekeo – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kabupaten Sekaligus pengukuhan Tim Pora tingkat Kecamatan Nagekeo, bertempat di Aula Hotel Pepita Nagekeo, pada Kamis (17/03/2022).

Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) bertujuan untuk mendapatkan pengawasan orang asing secara sinergitas, kolaboratif dan komprehensif antara seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kota/Kabupaten hingga tingkat kecamatan. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere memiliki wilayah kerja lima Kabupaten, salah satunya Kabupaten Nagekeo.

Koordinasi Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kabupaten Nagekeo ini, dihadiri oleh Bupati Nagekeo yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Nagekeo, para Camat, Kepala Kepolisian Sektor, dan Komandan Rayon Militer, Kesbangpol, Kemenag, Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil, Kejaksaan, serta BIN Kab. Nagekeo, dan diawali dengan laporan Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Hendy Kurnia Darmawan.

“Tim PORA dapat menjadi wadah komunikasi antar aparat pemerintah, untuk menyatukan persepsi antar instansi, sebagai upaya bersama dalam rangka pengawasan orang asing dan diharapkan dengan rapat koordinasi ini dapat diperoleh hasil optimal, mengingat keberadaan orang asing dapat memberi manfaat bagi kemajuan daerah, dan harus di waspadai agar tidak memicu kerawanan. Adapun Tujuannya yaitu dalam rangka penguatan koordinasi, Keterpaduan, penyelarasan tugas dan fungsi, serta pertukaran informasi terkait perkembangan pengawasan orang asing,” jelas Hendy.

Kecamatan merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan pengawasan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga perlu kiranya diberikan tugas untuk turut serta mengawasi aktifitas baik melihat, menemukan atau mengetahui kegiatan orang asing yang tidak sesuai dengan peraturan perundang – undangan. “Apabila kegiatan tersebut ditemukan maka saya berharap untuk kita semua melaporkan dan berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Maumere,” katanya.

Kemudian sambutan dari Bupati Nagekeo yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Nagekeo, Drs. Imanuel Ndun,M.si, sekaligus membuka kegiatan rapat dan mengukuhkan Tim Pora tingkat kecamatan Kabupaten Nagekeo.

Pemerintah Kabupaten Nagekeo mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan Rapat Koordinasi Tim PORA tersebut, karena dapat membangun sinergi antar instansi yang baik, serta memberikan dampak yang sangat besar bagi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Nagekeo dalam hal pengawasan orang asing.

“Hari ini kita hadir untuk membantu tugas Imigrasi dalam menjaga kedaulatan negara sekaligus pengukuhan Tim Pora tingkat kecamatan, ini menjadi tanggung jawab kita bersama agar tidak ada orang asing yang bermain tanpa wasit di negara kita,” ucap Imanuel.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber oleh Kepala Kesbangpol Nagekeo, Pius Dhari,A.Md. Hal yang disampaikan adalah tentang peran Kesbangpol dalam pengawasan orang asing, tanggung jawab, tindakan lapangan dari Kesbanghpol dalam mengumpulkan data dan informasi, serta dilanjutkan paparan materi dari narasumber, Kasi Inteldakim Kanim Maumere, hal yang disampaikan antara lain terkait, Pengawasan orang asing saat berada di indonesia, sasaran pengawasan orang asing, lokasi pengawasan, penjamin keimigrasian bagi orang asing, serta statistik WNA pemegang izin tinggal keimigrasian di wilayah Kab. Nagekeo.

Adapun kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab oleh angota rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Kabupaten Nagekeo, dan kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid -19.