MENINGKATKAN PENGAWASAN ORANG ASING, KEPALA KANTOR IMIGRASI MAUMERE GANDENG KAPOLRES KABUPATEN SIKKA

Maumere – Dalam rangka Koordinasi Penegakan Hukum Keimigrasian di wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Kepala Kantor Imigrasi Maumere Eko Julianto Rachmad, didampingi Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Peleson Marcus serta Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian Arter Roring, bertatap muka dengan Kapolres Kabupaten Sikka, AKBP. Sajimin, pada Hari Jumat (19/02).

Berdasarkan penuturan dari Kepala Kantor Imigrasi Maumere Eko Julianto Rachmad, tujuan dari koordinasi ini agar menjadi jembatan kepentingan sektoral masing-masing instansi Kepolisian dan Imigrasi dengan mengedepankan sinergi, tukar menukar informasi dalam rangka pengumpulan bahan keterangan sebagai bahan pengambilan keputusan, sehingga dapat dilakukan deteksi dini, pencegahan dan penindakan ekses negatif dari keberadaan dan kegiatan Orang Asing.

“Diharapkan kehadiran Orang Asing benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat karena Kabupaten Sikka adalah salah satu daerah yang menjadi target kunjungan wisatawan mancanegara (sebelum pandemi covid-19), selain itu keberadaan Orang Asing di Sektor industri dan perdagangan juga menjadi penyumbang pendapatan dan penggerak kegiatan ekonomi serta pembangunan daerah yang memberikan dampak positif, yaitu kesempatan bekerja bagi masyarakat baik untuk melakukan kegiatan penanaman modal, tenaga kerja, wisata, kerohanian, pendidikan, penyatuan keluarga, dan lain sebagainya” tegas Eko.

Lebih lanjut Kepala Kantor Imigrasi Maumere, Eko Julianto Rachmad berharap jajaran Polres Kabupaten Sikka dapat terus bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, terutama dalam pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Sikka.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kabupaten Sikka, AKBP. Sajimin menyatakan kesiapannya. “Kami siap mendukung langkah-langkah dari Kepala Kantor Imigrasi Maumere beserta jajaran, khususnya dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian di wilayah kabupaten Sikka” tegasnya.