Wabup Agus Boli Kukuhkan Tim Pengawas Orang Asing Tingkat Kecamatan di Flotim

Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli secara resmi mengukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Kecamatan di Hotel Sunrise, Larantuka, Kamis (22/10/2020). Menurutnya, tugas Timpora tidak saja mengawasi orang asing tapi juga membantu informasi tentang dokumen imigrasi bagi warga yang ingin keluar negeri. “Saya minta Timpora tugas tambahannya itu. Kalau sekedar awasi orang asing ya orang asing terbatas. Mengawasi orang kami yang mau bepergian di Malaysia,” ujarnya. Dia harap para anggota Timpora bisa bekerja sungguh-sungguh sesuai tugas pokok yang diberikan.

“Timpora kabupaten sudah ada dan hari ini kita kukuhkan dan rapat kerja timpora tingkat kecamatan. Saya percaya dengan rapat ini Timpora jadi tidak asing di Flotim,” tegasnya. Agus Boli juga menyebutkan bahwa sesuai perintah undang-undang semua gerak-gerik orang asing di Indonesia harus diawasi.

Meski sudah ada kebijakan bebas visa bagi sejumlah negara, pengawasan orang asing menurutnya juga sangat penting untuk mencegah masuknya paham-paham radikalisme, terorisme dan peredaran narkoba.

Kebijakan bebas visa, lanjut Agus Boli, memang bertujuan untuk mobilisasi perekonomian di sektor pariwisata, investasi, tenaga kerja dan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Di balik niat baik itu, pengawasan orang asing tetap harus dilakukan.

Dia pun mengatakan beberapa investor yang datang ke Flores Timur dalam rangka penanaman modal asing (PMA) sudah ada di sejumlah wilayah seperti di Konga, Meko, Botung, Solor. Beberapa perusahaan ikan juga pemiliknya dari luar negeri.

Sementara itu, Christian Penna, Kabid Intelejen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT, menyebutkan saat ini sudah ada program yang dinamakan easy paspor. Dengan program ini warga bisa mengurus paspor tanpa harus datang ke kantor imigrasi.

“Petugas migrasi bisa langsung datang ke tempat. Kita jemput bola. Secara daring sudah ada. Ada masyarakat terkumpul mau urus paspor lalu kita datangi ke mereka,” imbuhnya.

Program ini menurutnya juga untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Pihak imigrasi dan Hadir juga dalam kesempatan itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Muhammad Wahyuni, perwakilan Kodim Flores Timur, Polres Flores Timur, Kejaksaan Negeri Larantuka, para kepala dinas dan para camat di Flores Timur.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)