Partisipasi Imigrasi Maumere di Kopdar Humas Imigrasi 2022 untuk Komunikasi yang Menginspirasi

MAUMERE – Sebagai upaya meningkatkan komunikasi dan pengelolaan informasi publik dari satuan kerja Keimigrasian di seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Kebijakan Keimigrasian atau Kopdar Humas Imigrasi di tahun 2022 ini. Kopdar Humas Imigrasi merupakan sebuah program yang menjadi wadah berbagi informasi dan penguatan keterampilan komunikasi, bagi petugas kehumasan di lingkungan Ditjen Imigrasi serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi seluruh Indonesia, yang telah ditetapkan sebagai acara internal tahunan.

Setelah vakum mengadakan acara tatap muka selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, pada Tahun 2022 Humas Ditjen Imigrasi kembali menggelar Kopdar Humas Imigrasi secara luring dengan tema, “COMMUNIGRATION : Untuk Komunikasi yang Menginspirasi”. Kegiatan tersebut mengundang petugas admin sosial media seluruh Indonesia, termasuk dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Analis Keimigrasian Ahli Pertama Agus Supriyanto, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak 5 – 7 Juli 2022, bertempat di Ayana Midplaza Hotel Jakarta Pusat.

Acara dimulai dengan pembacaan laporan oleh Ketua Panitia Kopdar Humas Imigrasi Tahun 2022, yaitu Kepala Sub Koordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh, kemudian dilanjutkan sambutan dan pembukaan acara secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Supartono.

“Humas bukan sekedar juru foto atau juru kliping, melainkan profesi yang melibatkan kreatifitas, imajinasi serta membutuhkan seni dalam mengolah informasi, berkomunikasi, berdiplomasi bahkan membaca situasi”, Jelas Supartono.

Menurutnya, menjadi Humas pemerintah membutuhkan kemampuan yang penuh kreatifitas, serta mampu beradaptasi dalam segala situasi.

Kopdar Humas Imigrasi Tahun 2022 kali ini, menghadirkan keynotes speaker yaitu Staff Khusus Menkumham Bidang Isu-Isu Strategis Bane Raja Manalu, serta seminar kehumasan yang dibawakan oleh para profesional dibidangnya masing-masing, diantaranya adalah Creative Business Director What If Asia Angel Roberty dan Communications Director Rajawali Foundation Fardila Astari.

“Selain menyediakan informasi untuk masyarakat, humas juga harus tanggap dalam menghadapi krisis komunikasi”, tegas Bane.

Puncak acara Kopdar Humas Imigrasi Tahun 2022, Ditjen Imigrasi mencetak sebuah sejarah baru khususnya dibidang kehumasan yaitu, dengan diselenggarakannya ajang Anugerah Humas Imigrasi Indonesia (AHII) Tahun 2022, dimana ajang tersebut merupakan yang pertama kalinya diadakan, serta bertujuan untuk mengapresiasi upaya komunikasi dan peningkatan pengelolaan informasi publik, dari satuan kerja keimigrasian di seluruh Indonesia.

Di penghujung acara, Kepala Biro Humas Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Hantor Situmorang, memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk selalu kreatif dan memberikan yang terbaik dalam bekerja, sekaligus melakukan penutupan Kopdar Humas Imigrasi Tahun 2022 secara resmi. Diharapkan dengan adanya acara ini, kehumasan imigrasi dapat mencapai level yang lebih tinggi lagi dalam meciptakan reputasi yang terbaik bagi Imigrasi Indonesia.