Imigrasi Maumere Ambil Sidik Jari Calon Jemaah Haji di Ende

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere mengambil foto dan sidik jari Calon Jemaah Haji (CHJ) dari tiga kabupaten masing-masing Ende, Nagakeo dan Ngada, Minggu (10/3/2019) di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende.

Menurut , Irpan Sapari Somantri selaku Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere kepada Pos Kupang mengatakan bahwa pelaksanaan pengambilan foto dan sidik jari calon jemaah haji dari tiga kabupaten dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kasihan kalau calon jemaah haji harus pergi pulang ke Maumere untuk mengurus paspor yang didalamnya termasuk melakukan foto dan sidik jari maka kami mendatangi para calon jemaah haji untuk mengambil sidik jari dan foto dalam rangka proses pembuat paspor maupun urusan administrasi lainnya,”kata Irpan.

Irpan mengatakan bahwa dalam proses pengambilan foto dan sidik jari tercatat ada 24 orang calon jemaah haji yang berpartisipasi masing-masing dari Kabupaten Ende sebanyak 13 orang dan Nagekeo sebanyak 7 orang serta Ngada sebanyak 4 orang.

Irpan mengatakan bahwa hal yang sama juga dilakukan oleh Kantor Imigrasi Maumere ketika memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji di Kabupaten Flores Timur dan Lembata.

Semua itu dilakukan semata-mata sebagai upaya dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama para calon jemaah haji.

Irpan mengatakan pelaksanaan pelayanan yang dilakuken oleh Kantor Imigrasi Maumere yang bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende mendapatkan respon positif dari masyarakat yang merasa bersyukur bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari Kantor Imigrasi Maumere.

“Kalau waktu sebelumnya para calon jemaah haji harus datang ke Maumere guna mendapatkan pelayanan dari Kantor Imigrasi namun pada tahun 2019 ini Kantor Imigrasi yang justru mendatangi masyarakat untuk memberikan pelayanan,”kata Irpan.

M Agus Sofwan Hadi, calon jemaah haji yang mengikuti pengambilan foto dan sidik jari oleh Kantor Imigrasi Maumere mengatakan bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende.

“Saya rasa lebih baik sehingga dengan demikian kita tidak perlu lagi ke Maumere untuk proses pengurusan paspor,”kata Agus.

Agus memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Maumere yang melakukan pengambilan foto dan sidik jari kepada calon jemaah haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende karena menurutnya itu adalah merupakan bagain dari pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Agus yang juga menjabat selaku Kepala Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Ende mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Maumere adalah hal yang positif sehingga patut diberikan apresiasi.

“Kita tidak lagi cape ke Maumere apalagi para calon jemaan haji banyak yang sudah tua,”kata Agus. (*)

 

Sumber : poskupang.com
Link : http://kupang.tribunnews.com/2019/03/10/imigrasi-maumere-ambil-sidik-jari-calon-jemaah-haji-di-ende