Ini yang Dilakukan Imigrasi Maumere tentang Informasi Keimigrasian di Ende

Kantor Imigrasi Maumere melakukan kegiatan penyebaran informasi keimigrasian kepada calon jemaah haji dari tiga kabupaten yakni Ende, Nagekeo dan Ngada di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende, Rabu (20/2/2019).

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Kantor Imigrasi Maumere,Irpan mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (20/2/2019) di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende.

Irpan mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan itu diikuti oleh para calon jemaah haji dari tiga kabupaten masing-masing Ende sebanyak 13 orang dan Nagekeo sebanyak 3 orang serta Kabupaten Ngada sebanyak 11 orang.

Menurut Irpan pelaksanaan penyebaran informasi kepada para calon jemaah haji dirasa perlu sehingga dengan demikian para calon jemaah haji bisa mempersiapkan berbagai dokumen sebelum mengurus paspor di kantor imigrasi.

“Artinya para calon jemaah haji jauh-jauh hari sudah mempersiapkan dokumen maka dengan demikian kita terlebih dahulu menyebarkan informasi kepada para calon jemaah haji,”kata Irpan.

Dengan adanya dokumen menyangkut diri dari para calon jemaah haji maka yang bersangkutan tentu tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengurus paspor di kantor imigrasi.

Irpan mengatakan bahwa dari sisi wilayah dan juga tanggungjawab sebenarnya Kabupaten Ngada masuk dalam pelayanan Kantor Imigrasi Manggarai Barat namun khusus untuk penyebaran informasi terkait dengan kesiapan dokumen calon jemaah haji maka mereka dilayani di Kabupaten Ende oleh Imigrasi Maumere.

“Kabupaten Ende dipilih sebagai tempat pelayanan karena dari sisi geografis lebih mudah dijangkau oleh warga dari Kabupaten Nagekeo dan Ngada,”kata Irpan.

Pada saat menyampaikan informasi keimigrasian kepada calon jemaah haji, Irpan meminta kepada calon jemaah haji agar mempersiapkan diri dengan baik terutama berbagai dokumen pendukung pada saat hendak mengurus paspor.

Artinya ujar Irpan yang bersangkutan tidak lagi mengalami kesulitan pada saat hendak mengurus paspor.

“Kasihan para calon jemaah haji terkadang harus bolak-balik mengurus kelengkapan ketika hendak mengurus paspor namun apabila jauh-jauh hari telah mempersiapkan diri maka yang bersangkutan tidak lagi kesulitan mengurus paspor,”kata Irpan. (rom)
Depag Ende Bersyukur Difasilitasi

Kepala Tata Usaha Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende, Herman Tambuk pada saat kegiatan penyebaran informasi keimigrasian kepada calon jemaah haji dari tiga kabupaten yakni Ende, Nagekeo dan Ngada di Kantor Kementrian Agama

Kabupaten Ende, Rabu (20/2/2019) mengatakan bahwa pihaknya bersyukur difasilitasi oleh Kantor Imigrasi Maumere untuk menyebarkan informasi imigrasi kepada calon jemaah haji.

Dengan demikian ujar Herman para calon jemaah haji sudah tahu apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum mengurus paspor untuk berangkat menuaikan ibadah haji.

Herman mengatakan bahwa jika sebelumnya para calon jemaah haji harus pergi ke Maumere maka kali ini Kantor Imigrasi yang pro aktif mendatangi para calon jemaah haji di Kabupaten Ende. Hal tersebut tentunya sebagai suatu upaya pelayanan

kepada masyarakat khususnya para calon jemaah haji.
Herman berharap dengan adanya penyebaran informasi oleh Kantor Imigrasi

Maumere pada calon jemaah haji sudah bisa mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari sebelum mengurus paspor.

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende, M Tamrin pada saat kegiatan penyebaran informasi keimigrasian kepada calon jemaah haji dari tiga kabupaten yakni Ende, Nagekeo dan Ngada di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende, Rabu (20/2/2019) mengatakan bahwa semua warga Ende tanpa memandang latar belakang harus mempersiapkan berbagai dokumen sebelum berangkat keluar negeri atau ketika hendak mengurus paspor.

Adapun dokumen utama yang harus dipersiapkan seperti E-KTP maupun kartu keluarga maupun akte perkawinan. Dokumen tersebut dirasa penting dalam penerbitan paspor karena tanpa dokumen yang ada maka yang bersangkutan tidak bisa mendapatkan paspor.

Khusus untuk KTP ujar Tamrin adalah KTP elektronik bukan KTP manual dan oleh karena itu bagi yang belum mengurus E-KTP maka diharapkan bisa segera mengurusnya sehingga bisa mendapatkan paspor.

Berbagai dokumen yang diperlukan oleh masyarakat ujar Tamrin semuanya bisa diperoleh secara gratis di Kantor Dinas Kependudukan Kabupaten Ende.

“Kalau dulu warga dikenakan biaya yang berfariasi untuk pengurusan dokumen berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 35 ribu namun sekarang semuanya diperoleh secara gratis,”kata Tamrin.

 

Sumber : kupang.tribunnews.com

Link : http://kupang.tribunnews.com/2019/02/20/ini-yang-dilakukan-imigrasi-maumere-tentang-informasi-keimigrasian-di-ende?page=all