Peringati HUT ke-69, Imigrasi Maumere Sumbang 14 Kantong Darah

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Kabupaten Sikka Propinsi NTT menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-69 Imigrasi. Salah satunya yakni bakti sosial donor darah, yang digelar Jumat (25/1). Dari kegiatan donor darah ini, Imigrasi Maumere berhasil menyumbang 14 kantong darah. Setiap kantong darah berisi 350 cc.
Para pendonor darah adalah karyawan Kantor Imigrasi Maumere dan anggota Kodim 1603 Sikka. Seharusnya bisa lebih banyak kantong darah yang disumbangkan dalam kegiatan mulia ini. Kodim 1603 Sikka mengirim 13 personil, ditambah karyawan Kantor Imigrasi Maumere sebanyak 39 orang. Namun ada beberapa calon pendonor yang tidak bisa dilayani karena kendala-kendala teknis antara lain sedang tidak sehat.
Kegiatan donor darah berlangsung sejak pukul 08.00 Wita di Aula Kantor Imigrasi Maumere yang terletak di lantai dua kantor itu. Panitia pelaksana bekerjasama dengan PMI Cabang Maumere dari Unit Transfusi Darah. Ada empat petugas yang dikerahkan untuk melaksanakan donor darah yakni Suhasti Nona Ivon, Maria Florida, Jeane Joula Wahani, dan Yuliana Putri Anggraeni.
Kepala Kantor Imigrasi Maumere Vincentius Hendratmoko yang ditemui di sela-sela kegiatan donor darah mengatakan kegiatan ini dilaksanaan dalam rangka memperingati HUT ke-69 Imigrasi yang jatuh pada Sabtu (26/1) besok. Donor darah juga merupakan bentuk panggilan nurani dan bantuan kemanusiaan bagi pihak-pihak yang sedang membutuhkan transfusi darah.
“Ini kegiatan kemanusiaan, yang momennya bertepatan dengan peringatan Hari Bakti. Kali ini kami bersama personil Kodim Sikka baru bisa menyumbangkan 14 kantong. Jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi setidaknya itulah yang bisa kami sumbangkan,” ujar Vincentius Hendratmoko.
Pantauan media ini, para calon pendonor duduk antri pada kursi-kursi yang sudah disiapkan Panitia Pelaksana. Setelah itu dua petugas Unit Transfusi Darah memanggil secara bergiliran calon pendonor untuk mengisi format identitas dan pengambilan sampel darah. Jika sampel darah calon pendonor dinilai memenuhi syarat, calon pendonor langsung diarahkan ke dua petugas lain untuk melakukan transfusi darah.*** (eny)